Tips Pola Makan Sehat Setiap Hari Agar Tubuh Tetap Bugar

tips pola makan sehat setiap hariTips Pola Makan Sehat Setiap Hari Agar Tubuh Tetap Bugar, Tampak sepele, namun pola makan sehat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh. Makan bukan sekadar makan kemudian kenyang, makan menjadi kegiatan menutrisi tubuh agar tetap sehat serta membantu proses penggantian sel-sel yang rusak.

Sayangnya, pola makan sehat yang menjadi rutinitas harian ini kerap menjadi tantangan besar bagi kaum urban. Keterbatasan waktu untuk memasak, padatnya pekerjaan kemudian menunda jam makan, hingga ketergantungan pada makanan cepat saji, adalah beberapa masalah yang kerap dihadapi. Di sisi lain, kadang kita pun merasa bingung dan malas untuk mengikuti metode diet atau katering tertentu. Anda bisa simak tips pola hidup sehat berikut ini:

1. Selalu Sarapan

Pengelola rubrik kesehatan di majalah Women’s Health Amerika, Chalene Johnson, menulis bahwa cara paling tepat menjaga berat badan ideal dan kesehatan adalah sarapan. Orang yang selalu sarapan mendapat vitamin dan mineral lebih baik.

Orang yang selalu sarapan akan berenergi dan tidak mudah lelah. Sarapan juga menjaga perut dari kelaparan dan makan terlalu banyak menjelang makan siang. Jadi sempatkan sarapan setiap pagi ya.

2. Makan “Real Food”

Konsumsi makanan yang alami (tidak melewati proses panjang) seperti sayur-sayuran, buah-buahan, beras, telur, ikan dan daging segar, maupun kacang-kacangan. Jenis makanan ini menyumbang serat, lemak baik, mineral, maupun vitamin bagi tubuh. Berbeda dengan makanan instan maupun siap saji yang biasanya melewati proses pengawetan, penambahan perisa, dan lain sebagainya.

Olah berbagai jenis makanan “real food” dengan bumbu sederhana dan nikmati menjadi menu harian Anda. Bukan hanya menjadi menu makan utama, makanan “real food” juga bisa dijadikan sebagai menu camilan. Misalkan saja singkong rebus, pisang kukus, edamame rebus. Selain mengenyangkan. mengkonsumsi “real food” akan menutrisi tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah, kekenyangan, lemas, maupun cepat mengantuk.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih yang cukup mampu menjaga tubuh dari dehidrasi, melancarkan sistem pencernaan, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori hingga menurunkan berat badan. Penuhi kebutuhan air untuk tubuh dengan mengkonsumsi 2 liter atau setara 8 gelas per hari.

4. Tidak Melewati Jam Makan

“Sebentar lagi deh, tanggung masih ada tugas yang harus diselesaikan…” sering berpikiran seperti itu saat bekerja? Jika iya, segera hapus pemikiran tersebut. Alih-alih sehat, Anda bisa sakit karena telat makan sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Padatnya kesibukan harian jangan pernah dijadikan sebagai alasan untuk menunda jam makan. Makan tepat waktu akan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Selain mencegah penurunan metabolisme tubuh karena penyesuaian terhadap asupan nutrisi, telat makan juga bisa menyebabkan perubahan suasana hati yang cukup ektrem.

Paul Currie, pakar perilaku nafsu makan yang juga profesor psikologi di Reed College, pernah mengungkapkan bahwa rasa kelaparan dapat mendorong seseorang untuk menjadi emosional. Hal ini kerap muncul ke permukaan sebagai stres atau cemas. Jadi baper karena lapar? Bukan hal yang tidak mungkin terjadi.

5. Kurangi Konsumsi Garam

Menurut penelitian Centers for Disease Control and Prevention pada 2015 di Amerika Serikat, kelebihan sodium bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung dan serangan stroke. Sodium banyak diperoleh dari makanan olahan serta makanan cepat saji salah satunya junk food.

Kelebihan sodium ditandai dengan gejala seperti cepat merasa haus, selalu terbayang rasa gurih, hingga dehidrasi. Oleh karena itu, kurangi sodium dari menu utama maupun camilanmu. Masak sendiri atau ikut katering sehat bisa menjadi cara yang terbaik.

Bagaimana, tidak sulit bukan menerapkannya? Kumpulkan niat, cintai hidup Anda dengan menjalankan pola makan sehat dan jangan pernah melewatkan waktu makan.